Langkah Mencegah Batu Empedu

Pemicu awal timbulnya batu empedu efek timbulnya ketidakstabilan dengan senyawa kimia dan kolesterol di dalam cairan empedu. Sehingga cairan empedu akan mengeras dan menjadi batu yang ukurannya akan semakin membesar dalam jangka waktu yang panjang.

Penumpukan senyawa kimia yang biasanya terletak di dalam kantong empedu ketika batu tersebut dihasilkan merupakan bilirubin dan kolesterol. Sekitar 20 persen berbahan dasar bilirubin dan hampir 80 persen batu empedu berbahan dasar kolesterol. Bilirubin merupakan suatu komponen yang didapatkan di dalam cairan empedu.

Langkah Mencegah Batu Empedu

Inilah beberapa pemicu yang dapat meninggikan resiko penyakit batu empedu:

  • Orang yang menghadapi pengurangan berat badan dengan dratis.
  • Orang yang menggunakan obat antibiotik yang bisa dipakai dalam menyembuhkan gonore, meningitis dan pneumonia.
  • Pengidap masalah pencernaan, seperti penyakit sindrom orotasi usus dan penyakit crohn.
  • Pengidap sirosis hati.
  • Kelebihan berat badan.
  • Kekurangan serat dalam pola makan sehari hari.
  • Selalu mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi atau berlemak.
  • Wanita hamil.
  • Berusia di atas 40 tahun.

Selain itu faktor makanan yang dikonsumsi sehari hari juga dapat menjadi pemicu terbentuknya batu empedu di dalam tubuh sehingga perlu dihindari untuk mencegah batu empedu terbentuk.

Mengatur pola makan dan mengurangi berat badan untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih bisa mendukung menghindari timbulnya batu empedu. Diduga batu empedu terbentuk efek pembekuan kolesterol yang menumpuk untuk cairan empedu.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa batu empedu itu 80% terdiri dari unsur zat kolesterol maka dari itu lebih baik melakukan pola makan yang sehat dan stabil serta menjauhi konsumsi makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan lemak. Berikut jenis makanan yang perlu dihindari seperti:

  • Makanan olahan yang berbahan dari kacang kacangan seperti kuah sate atau sambal kacang.
  • Jenis makanan apapun yang diolah dengan cara digoreng.
  • Makanan bersantan seperti ketupat sayur, kolak, dan rendang.
  • Camilan keripik dan kue.

Untuk langkah pencegahan yang lebih efektif Anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal batu empedu tanpa operasi yang dibahas pada halaman kami sebelumnya.

Jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman alkohol juga bisa meningkatkan resiko, maka lebih baik ketika mengkonsumsinya dengan porsi yang wajar. Jika mengalami obesitas atau berat badan berlebih adalah salah satu penyebab ancaman yang bisa menimbulkan komplikasi batu empedu. Maka dari itu, melindungi berat badan yang sehat merupakan hal yang sangat utama.

Anda dianjurkan untuk menjauhi diet ketat yang mengharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak dan kalori saja. Pengurangan berat badan secara spontan dengan waktu yang sementara pun bisa meningkatkan ancaman timbulnya batu empedu.

Cara Menjaga Nafsu Makan yang Benar

Seringkali orang melakukan diet untuk mendapat berat badan dan bentuk tubuh yang ideal terutama pada kaum wanita, namun seringkali itu gagal karena cara melakukan diet yang salah. Salah stau penyebab kegagalannya adalah ketidaktahuan cara menjaga nafsu makan yang benar, sehingga diet tidak berdampak apapun terhadap berat badan.

Cara Menjaga Nafsu Makan

Tubuh yang mengalami obesitas atau kegemukan dapat menjadi sumber berbagai penyakit kronis dan berbahaya seperti stroke, jantung, dan diabetes. Tentunya kita harus mewaspadai hal ini dengan menjaga berat badan tetap normal.

Berikut ada beberapa tips dan cara menjaga nafsu makan yang benar sehingga diet Anda tidak sia sia, antara lain:

Cari Penyebab Nafsu Makan Berlebihan

Kondisi kondisi tertentu dapat menyebabkan terjadinya peningkatan nafsu makan misal seperti cuaca dingin, kurang istirahat, stress dan depresi. Semua faktor tersebut harus diatasi supaya nafsu makan dapat diredam sehingga diet Anda tidak sia sia.

Hindari Makan Saat Stress Melanda Pikiran

Ketika kondisi tubuh sedang stress akan memicu kita makan lebih banyak dan tidak terasa kenyang karena tubuh mengalami kelelahan akibat stress tersebut. Tundalah makan sekitar 30 menit jika ada keinginan untuk makan supaya kita tidak makan terlalu banyak.

Biasakan Untuk Makan Tepat Waktu

Jika meninggalkan waktu makan justru dapat meningkatkan nafsu makan. Anda dianjurkan untuk makan di waktu yang tepat dan mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks menjadikan perut Anda kenyang dalam waktu lama dan mendukung menyeimbangkan gula darah.

Cukupi Kebutuhan Minum Air Putih

Jika tubuh sering mengalami dehidrasi maka kecenderungan nafsu makan meningkat akan semakin besar karena menahan rasa haus sama seperti rasa lapar. Jika rasa haus atau lapar datang segeralah minum air putih yang banyak supaya keinginan untuk makan menghilang.

Dengan mengetahui cara menjaga nafsu makan yang benar maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam program diet yang sedang dijalani supaya berat badan Anda dapat terkontrol dengan baik.